RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA SEKOLAH :
MTs. Darus Shafaa Manipi
MATA PELAJARAN : Fiqhi
KELAS/SEMESTER : VII/I
ALOKASI WAKTU : 2 x 40 menit
STANDAR KOMPETENSI : 6. Melaksanakan ketentuan taharah
KOMPETENSI DASAR : 6.1 Menjelaskan macam-macam najis dan tata cara taharahnya
INDIKATOR : 1. Siswa dapat menjelaskan
macam-macam najis
2. Siswa dapat menjelaskan tata cara
taharah dari macam-macam najis
3. Siswa dapat memberikan contoh dari macam-macam najis
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Pada akhir pembelajaran siswa
dapat :
1.
menjelaskan macam-macam najis
2.
menjelaskan tata cara taharah dari najis
3.
memberikan contoh dari macam-macam najis
Nilai Karakter yang diharapkan :
1) Ingin tahu
2) Berfikir logis
3) religius
4) Tanggung jawab
5) Bergaya hidup
sehat
- MATERI PEMBELAJARAN
Macam-macam najis dan tata cara
taharahnya
C. METODE (STRATEGI PEMBELAJARAN)
Model : Cooperative learning
Tehnik : Ceramah, diskusi, tanya jawab
D.
LANGKAH-LANGKAH / KEGIATAN PEMBELAJARAN
NO
|
KEGIATAN
|
NILAI KARAKTER
|
ALOKASI WAKTU
|
I.
II.
III.
|
KEGIATAN AWAL
·
Memberi salam ( NK )
·
Mmemberi apersepsi/motivasi ( NK )
·
Menjelaskan KD yang akan dipelajari dan tujuan
Pembelajaran (NK).
KEGIATAN INTI
a. Ekspolarasi
1. Peserta
didik mendengarkan penjelasan tentang macam-macam najis
2. Peserta
didik berdiskusi tentang tata cara bersuci dari jenis-jenis najis
3. Peserta
didik mencari contoh macam-macam najis
4. Guru
memeotivasi/memfasilitasi siswa untuk mendapatkan informasi tentang macam-macam
najis dan tata cara taharahya.
b. Elaborasi
1. Peserta
didik berdiskusi dengan anggota kelompoknya tentang macam-macam najis dan
tata cara taharahnya( NK ).
2. Setiap
kelompok mengelompokkan macam-macam najis dan tata cara taharahnya
3. Siswa menunjuk anggota kelompok untuk
presentase
4. Guru
mengarahkan pada setiap kelompok untuk membuat laporan / hasil penelitian
pembelajaran
c. Konfirmasi
1. Masing-masing
kelompok melaporkan hasil presentasi kelomppoknya (rasa
percaya diri).
2. Masing-masing
kelompok memberikan tanggapan, saran kepada
kelompok yang presentase
3. Siswa
Tanya jawab terhadap materi yang dipresentasekan
4. Guru
memberikan penguatan terhadap hasil pembelajaran siswa
5. Guru
memberikan soal kepada siswa untuk dikerjakan secara individu
Kegiatan Akhir
1. Guru memberikan pijat refleksi terhadap proses pembelajaran
2. Guru memberikan rangkuman / kesimpulan terhadap materi pembelajaran
3. Guru memberikan tugas / PR kepada siswa untuk dikerjakan di rumah
4. Berdo’a
|
Ingin tahu
Berfikir logis
Religius
Tanggung jawab
Bergaya hidup sehat
|
10 Menit
20 Menit
15 menit
25 Menit
10 menit
|
E.
SUMBER BELAJAR / MEDIA
1.
Buku
paket Fiqhi kelas VII
2.
Ensiklopedia
Muslim
3.
Fiqhus-Sunnah
4.
Laptp
4.
LCD
F.
PENILAIAN
INDIKATOR
|
TEHNIK
|
BENTUK INSTRUMEN
|
CONTOH INSTRUMEN
|
1. Siswa dapat menjelaskan
macam-macam najis
2. Siswa dapat menjelaskan tata
cara taharah dari macam-macam najis
3. Siswa dapat memberikan contoh
dari macam-macam najis
|
Tertulis
|
Uraian
|
1. Sebutkan macam-macam najis !
2. Jelaskan tentang tata cara
taharah dari macam-macam najis
3. Sebutkan satu contoh dari
macam-macam najis!
|
NO
|
KUNCI JAWABAN
|
SKOR
|
1
|
Najis Mukhaffafah ( ringan ),
najis Mutawassithah (sedang), dan najis Mughallazhah ( Berat )
|
|
2
|
- Najis Mukhaffah dengan cara memercikkan
air pada benda yang terkena najis
- Najis Mutawassithah dengan
cara dibasuh sampai hilang wujud, bau, ataupun rasa
- Najis Mughallazah dengan cara
mencuci dengan air bersih sebanyak 7 kali dan salah satunya dengan tanah
|
|
3
|
- Najis Mukhaffafah contohnya :
air kencing bayi laki-laki yang belum makan selain ASI
- Najis Mutawassithah contohnya
: kencing
- Najis Mughallazah contohnya :
air liur anjing
|
|
RUBRIK PENILAIAN
NO
|
U R A I A N
|
SKOR
|
I
|
|
5
3
2
0
|
II
|
|
5
4
3
1
|
III
|
|
5
3
2
0
|
Skor
Perolehan
Nilai Siswa ------------------ X 100
Skor
Maksimal
Nilai Afektif
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek
penilaian
|
Jumlah
|
Rata
|
Nilai
|
|||
Disiplin
|
Keaktifan
|
Kerjasama
|
Kejujuran
|
Skor
|
Rata
|
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Konversi Angka:
1. Kurang baik
2. Cukup baik
3. Baik
4. Sangat baik
Nilai Psikomotor
|
Nama
Siswa
|
Aspek
Penilaian
|
Jml
skor
|
Nilai
|
|||||||||||
No
|
Memahami
Ungkapan
|
Memahami
Respon
|
Waktu
Penyelesaian
|
||||||||||||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Konversi Angka
1.Kurang
baik
2.cukup
baik
3.Baik
4.Sangat
baik
……………………………
2012
Mengetahui :
Kepala MTs.
Darus Shafaa Manipi Guru Mata Pelajaran,
…………………………………………. …………………………………..
NIP. ………………………………….. NIP. …………………………..
LEMBAR KERJA SISWA
1.
……………………………………………………………………………………………..?
2.
……………………………………………………………………………………………..?
3.
……………………………………………………………………………………………..?
4.
……………………………………………………………………………………………..?
5.
…………………………………………………………………………………………….
Setting Kelas
VII
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar